Tutorial Membuat Datastore di VMware vSphere 7

Halo my friends! Kembali lagi bersama saya shergi kali ini saya ingin berbagi tutorial membuat datastore di VMware vSphere 7. Penasaran?? Mari kita let’s go gaskeun!!

Sedikit tentang Datastore.

Datastore adalah repositori untuk menyimpan, mengelola, dan mendistribusikan set data pada tingkat perusahaan. Ini adalah istilah luas yang mencakup semua jenis data yang diproduksi, disimpan, dan digunakan oleh suatu organisasi. Datastore dapat mencakup data dari aplikasi basis data pengguna akhir, file atau dokumen, atau properti data acak dari suatu organisasi atau sistem informasi. Data Datastore dapat disusun, tidak terstruktur atau dalam format elektronik lain.

Bergantung pada organisasi, datastore dapat diklasifikasikan sebagai datastore khusus aplikasi, datastore operasional, atau datastore terpusat. Selain itu, datastore dapat dirancang dan diimplementasikan dengan menggunakan perangkat lunak yang dibuat khusus atau melalui aplikasi database biasa.

Kita masuk ke langkah-langkahnya.

1. Pertama kita buka vSphere 7 kita lalu kita masuk ke menu Storage.

2. Lalu kita klik pada menu New datastore.

3. Selanjutnya kita pilih opsi Create new VMFS datastore lalu kita klik Next.

4. Setelah itu kita beri nama datasore kita pada kolom Name lalu kita pilih Disk yang akan kita buat jadi datastore (Note: Disk sudah ditambahkan pada artikel sebelumnya), jika sudah kita klik Next.

5. Berikutnya pada menu ini kita bisa mempartisi disk yang akan kita jadikan datastore atau kita bisa menggunakan seluruh disk, lalu kita klik Next.

6. Lanjut pada menu ini kita klik Finish.

7. Lalu kita klik Yes.

8. Dan datastore baru kita sudah selesai dibuat.

Jadi kurang lebih seperti itu tutorial membuat datastore di VMware vSphere 7 semoga bermanfaat. Stay tune untuk artikel saya yang selanjutnya terima kasih. 😉

Leave a comment

Start a Blog at WordPress.com.

Up ↑

Design a site like this with WordPress.com
Get started